About Mew O wSepakbolaTV OnlineGameOnlineAplikasiAwardDaftar isi

Rabu, 02 Januari 2013

Menderita Hipertensi? Makanlah Makanan Enak Ini!

Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan stroke dan gagal jantung yang bisa berakibat kematian. Penyakit ini disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat. Padahal ada cara enak yang dapat menurunkan tekanan darah.

Penderita hipertensi dapat membuat tekanan darahnya normal kembali dengan berolahraga dan menurunkan berat badan. Selain itu, perubahan pola makan juga bisa membantu menurunkan tekanan darah. Apa saja makanan yang baik dikonsumsi penderita hipertensi? Berikut daftarnya, seperti dikutip dari Huffington Post:

1.Kiwi
Sebuah penelitian menyebutkan bahwa mengonsumsi 3 buah kiwi per hari dapat menurunkan tekanan darah. Studi ini melibatkan partisipan berusia 55 tahun ke atas yang mengidap hipertensi. Selama 8 minggu, mereka diminta mengonsumsi 3 buah kiwi atau 1 buah apel setiap hari. Ternyata, dibandingkan apel, kiwi lebih berkhasiat menurunkan tingkat tekanan darah systolic.

2. Pisang
Makanan yang kaya potassium dikenal bermanfaat bagi penderita hipertensi. Studi yang dimuat dalam jurnal Hypertension pada tahun 2005 menyebutkan bahwa kandungan potassium citrate dalam makanan sama baiknya dengan khasiat potassium chloride dalam suplemen. Salah satu makanan yang tinggi potassium adalah pisang.

3. Semangka
Kandungan asam amino dalam semangka yaitu L-citrulline/L-arginine disebut-sebut dapat menurunkan tekanan darah. Sebanyak 6 gram zat tersebut diujicobakan pada 9 orang yang berpotensi menderita hipertensi, setiap hari selama 6 minggu. Semangka tak hanya menyebabkan tekanan darah turun, tetapi juga membuat pembuluh arteri partisipan berfungsi lebih baik.Semangka juga mengandung potassium, serat, lycopene, dan vitamin A.

4. Ubi ungu
Siapa sangka ubi ungu seefektif oatmeal dalam menurunkan tekanan darah? Ada 18 orang yang telah membuktikannya dalam sebuah studi observasi. Setelah sebulan menyantap 6-8 buah ubi ungu dengan kulitnya, 2 kali sehari, tekanan darah systolic dan diastolic mereka turun.

5. Tahu dan tempe
Kedelai dan produk turunannya, seperti tahu, tempe, dan susu kedelai, mengandung isoflavon yang baik bagi penderita hipertensi. Peneliti mencatat pola makan 5,000 orang selama 20 tahun, dan menemukan fakta bahwa orang yang mengasup isoflavone paling banyak memiliki tekanan darah systolic lebih rendah dibanding yang mengonsumsi paling sedikit.

6. Cokelat
Cokelat secara tidak langsung dapat menurunkan tekanan darah. Kandungan flavanolnya dapat memperlebar pembuluh darah. Makanya, mengonsumsi cokelat dapat membantu penurunan tekanan darah bagi penderita hipertensi. Cokelat juga dapat menurunkan indeks massa tubuh (BMI), sehingga cocok bagi penderita darah tinggi yang harus mengurangi berat badan.

7. Cabai
Pedasnya cabai disebabkan oleh kandungan capsaicin. Senyawa inilah yang terbukti menurunkan tekanan darah pada tikus, seperti tercantum dalam jurnal Cell Metabolism pada tahun 2010.








Related Post:

Ditulis Oleh : jolly sondakh ~ Great Works Of Art

Artikel Menderita Hipertensi? Makanlah Makanan Enak Ini! ini diposting oleh jolly sondakh pada hari Rabu, 02 Januari 2013. Terimakasih atas kunjungan Sobat serta kesediaan Sobat membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar.

:: Get this widget ! ::

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar: